Virus vs Bakteri, Apa Perbedaannya?

Penyakit adalah kondisi abnormal tertentu yang secara negatif memengaruhi stuktur atu fungsi sebagian maupun seluruh tubuh makhluk hidup. Hal tersebut dapat ditimbulkan oleh banyak faktor salah saunya adalah baktetri dan virus.

Banyak orang yang masih menyamakan antara bakteri dan virus, namun faktanya keduanya sangat berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan antara Virus dengan Bakteri:

Bakteri

  1. Bakteri merupakan mikroorganisme sel tunggal(uniseluler).
  2. Bakteri dapat hidup dan tumbuh diberbagai tempat, termasuk tubuh
    manusia.
  3. Bakteri dapat bertahan pada suatu lingkungan ekstrim, seperti suhu yang sangat panas ataupun sangat dingin.
  4. Bakteri ada yang berbahaya dan menimbulkan infeksi pada manusia namun ada juga bakteri ada yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia.

Virus

  1. Virus jauh lebih kecil daripada bakteri.
  2. Virus membutuhkan inang. Virus hanya bisa berkembang biak apabila menempel pada inang yang berupa sel atau jaringan hidup. Jika tidak berada pada sel inang, virus hanyalah benda tidak hidup.
  3. Virus bersifat parasite obligat(tidak dapat beroproduksi diluar tubuh sel inang). Dimana, fungsi sel inang diambil alih untuk mereplikasi tubuhnya sendiri lebih banyak.
  4. Beberapa jenis virus membunuh sel inang sebagai cara untuk berkembang biak.

Berikut ini penyakit yang dapat ditimbulkan oleh virus dan bakteri:

Contoh Virus dan penyakit yang ditimbulkan:
a) Virus Zika (genus Flavivirus)
Penyebab demam zika
b) JEV (Japanese Encephalitis Virus)
Penyebab radang otak
c) Virus dengue (genus Flavivirus)
Penyebab demam berdarah
d) Virus Chikungunya
Penyebab nyeri dan pembengkakan sendi
e) Enterovirus
Penyebab penyakit polio

Contoh bakteri dan penyakit yang ditimbulkan:
a) Threponema Palidum
Penyebab sifilis
b) Vibrio cholerae
Penyebab kolera
c) Shigella dysenteriae
Penyebab disentri
d) Clostridium tetani
Penyebab tetanus
e) Streptococcus pneumoniae
Penyebab pneumonia

Pengobatan yang diberikan harus berdasarkan hasil diagnosisnya. Apabila penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri, maka diberikan obat antibiotik. Obat ini digunakan untuk menghentikan perkembangbiakan bakteri dengan cara menghancurkan/menonaktifkan bakteri.

Bagaimana dengan obat virus? Infeksi Virus dapat diobati dengan obat antivirus yang bekerja dengan cara mematikan virus, menghambat, serta membatasi reproduksi virus di dalam tubuh. Pencegahan untuk tidak terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh virus juga dapat dilakukan dengan cara vaksinasi. Namun Pembuatan obat antivirus dan Vaksin membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dengan begitu alangkah lebih baiknya kita mencegah untuk tidak terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar serta menjaga pola hidup yang sehat dapat mencegah kita terkena penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, maupun mikroorganisme lainnya.

#KIRSmansa
#ReligiusIlmiahSatu
#WIHadron

Leave a comment